hp

Cantik dengan Semangka, Berikut 5 Manfaatnya


Semangka merupakan buah berjenis tropis yang banyak digemari orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain dapat menjaga metabolisme tubuh, buah yang kaya akan kandungan air ini ternyata juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kulit wajah, lho. Apa saja sih khasiatnya? Yuk, cari tahu di sini!
1. Mencegah Penuaan Dini
Semangka merupakan buah yang kaya akan likopen dan anti-oksidan. Kedua nutrisi ini diyakini dapat melindungi kamu dari efek buruk radikal bebas yang merangsang pertumbuhan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik hitam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan semangka sebagai masker atau mengonsumsinya langsung setiap hari.
Baca juga : Ini Beberapa Hal yang Perlu kamu Lakukan untuk Lawan Tkamu-Tkamu Penuaan Dini dengan Cepat!
2. Menjaga Kelembapan Kulit
Dibanding buah lainnya, semangka merupakan buah dengan kadar air yang paling tinggi. Kadar air yang tinggi ini ternyata sangat baik untuk menghidrasi kulit wajah, apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang kering. Selain dagingnya, kulit semangka juga baik untuk mengecilkan pori dan menyegarkan kulit wajah, lho. Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat kulit lembap adalah dengan mencampurkan madu dan semangka yang sudah dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.
3. Meminimalisir Timbunan Minyak pada Kulit
Pori-pori kulit yang besar memang dapat memicu kelenjar minyak untuk bersekresi berlebih. Untungnya, semangka memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga dapat mengecilkan ukuran pori-pori dan meminimalkan sekresi minyak berlebihyang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.
Baca juga: Pemilik Kulit Berminyak, Ayo Hindari Beberapa Bahan ini Agar Kulit Tidak Bermasalah!
4. Merevitalisasi Kulit
Selain melembapkan, merevitalisasi kulit wajah juga merupakan manfaat terbaik dari semangka yang banyak digemari wanita. Kandungan vitamin C di dalamnya dikenal baik untuk mencerahkan kulit yang kusam dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Selain itu, semangka juga dapat memberikan kesegaran pada wajah yang lelah, lho. kamu juga dapat membuat masker semangka dengan mudah di rumah. Pisahkan daging semangka dari kulitnya, kemudian haluskan dengan sendok sambil kamu tambahkan sedikit perasan lemon. Oleskan masker pada wajah, lalu diamkan sampai airnya menyerap. Jika sudah kering, bilas wajah hingga bersih.
5. Mengatasi Jerawat
Jika kamu memiliki jenis kulit yang rentan terhadap masalah jerawat, maka solusi alaminya adalah melakukan perawatan dengan masker semangka. Buah ini kaya akan vitamin dan enzim yang memberikan efek segar pada kulit yang mengalami inflamasi atau peradangan. Memijat kulit dengan masker semangka merupakan cara alami yang rupanya cukup efektif untuk menyembuhkan jerawat. Selain itu jerawat, kandungan vitamin C pada semangka juga bisa mengurangi noda bekas jerawat yang membandel.

>

0 Response to "Cantik dengan Semangka, Berikut 5 Manfaatnya"

Post a Comment